Tentang : RPP Atletik
Apa yang terjadi : RPP Atletik
RPP Atletik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Karang Baru
Mata Pelajaran : Penjaskes
Komp. Keahlian : Atletik( Lari 100 Meter )
Kelas/Semester : Ganjil
Tahun Pelajaran : 2017
AlokasiWaktu : 60 Menit
A. Kompetensi Inti *)
1. Pengetahuan
Menerapkan keterampilan gerak rangkaian aktifitas olahraga Atletik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
2. Keterampilan
Mempraktikanhasil analisis gerakan rangkaian aktifitas olahraga Atletik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
B. KompetensiDasar *)
1. KD pada KI pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis,dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajianPendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2. KD pada KI keterampilan
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, danmenyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan,gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
C. IndikatorPencapaianKompetensi
1. Indikator KD pada KI pengetahuan
a. Menjelaskan prinsip-prinsip dan perlengkapan atletik
b. Menjelaskan gerakan-gerakan lari 100 meter
2. Indikator KD pada KI keterampilan
a. a. Menjelaskan teknik lari 100 meter
b. b. Mempratikkan Teknik lari 100 meter
D. TujuanPembelajaran
a.menjelaskan prinsip-prinsip dan teknik lari 100 m dengan baik dan benar
b. Menjelaskan konsep gerak benar
c.Menjelaskan gerakan teknik lari 100 m dengan baik dan benar
d.Menjelaskan gerakan teknik lari 100 m dengan baik dan benar
E. MateriPembelajaran
(ATLETIK LARI 100 M )
F. Model danMetode
DISCOVERY LEARNING
G. KegiatanPembelajaran
1. PertemuanKesatu:**)
a. Pendahuluan/KegiatanAwal (15 menit)
· mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan;· mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan;· menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;· menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan; dan menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1.Pemberian stimulus terhadap siswa.
· Memberi tugas siswa untuk membaca buku ATletik lari100 m
· Guru menugaskan siswa untuk mengidentifikasi konsep teknik lari 100 m
· Guru meminta siswa berdiskusi tentang gerakan teknik lari 100 m
· Guru meminta siswa melihat teknik lari 100 m
2.Identifikasi masalah
· Siswa mengidentifikasi masalah-masalah pada teknik lari 100 m
· Guru menugaskan siswa untuk menentukankasi masalah utama apa dalam teknik lari 100 m
· Siswa membaca buku untuk mendapatkan informasi tentang teknik lari 100 m
· Berdasarkan hasil membaca buku dan diskusi siswa merumuskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam teknik lari 100 m
3.pengumpulan data
· Guru meminta siswa untuk mencoba melakukan teknik lari 100 m
· Siswa mencoba melakukan teknik lari 100 m
· Siswa mencoba melakukan teknik lari 100 m
· Siswa melakukan teknik lari 100 m
c. Penutup (15menit)
· Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
· Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran
remedi, rogram pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas
baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik; dan
remedi, rogram pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas
baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik; dan
(c) menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
2. PertemuanKedua:**)
a. Pendahuluan/KegiatanAwal (15 menit)
b. Kegiatan Inti (60menit)
1. Pembuktian
- Guru menugaskan siswa untuk menilai hasil Lari 100 meter
- Siswa menilai hasil Lari 100 meter menggunakan start
- Siswa menilai hasil Lari 100 meter menggunakan Waktu
- Siswa menilai hasil Lari 100 meter Di finis
- Siswa menilai hasil Lari 100 meter Pemanasan dan pendinginan
2. Menarik kesimpulan/Generalisasi
- Guru menugaskan siswa untuk menyajikan cara-cara serta kesimpulan
gerakan Lari 100 meter
gerakan Lari 100 meter
- Siswa menyajikan tentang hasil menilai Lari 100 meter
- Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi.
- Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru.
- Siswa memperbaiki hasil presentasi dan membuat simpulan Lari 100 meter
c. Penutup (15menit),
· Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
(a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
(b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
(c) memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
· Kegiatan guru yaitu:
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
(c) menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
(a) melakukan penilaian;
(b) merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
(c) menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
H. Media, Alat/Bahan, danSumberBelajar
1. Media: TV, Koran, tabloid dan sebagainya
2. Alat: laptop ,sarana sirkuit
3. Bahan: angket
4. SumberBelajar : buku PJOK
I. PenilaianPembelajaran, Remedial danPengayaan
1. TeknikPenilaian
2. InstrumenPenilaian
a. Pertemuanpertama
b. Pertemuankedua
c. Pertemuanseterusnya
3. Pembelajaran Remedial danPengayaan
Peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar wajib mengikuti kegiatan remedial pada semester berjalan hingga mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan bagi peserta didik yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memiliki kecepatan belajar di atas rata-rata yang telah ditetapkan dapat diberikan pengayaan dan pendalaman materi.
Peningkatan dan Pemeliharaan Kebugaran Jasmani
Teknik Dasar Sepak Bola
Renang Gaya Bebas serta Teknik Dasarnya
Jenis Narkotika dan Psikotropika
Demikianlah Artikel RPP Atletik
Sekian dari kami, mudah mudahan artikel RPP Atletik, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan dari kami . salam Ayo Hidup Sehat !! .
Anda sedang membaca artikel RPP Atletik dan artikel ini url permalinknya adalah https://pembelajaran-pjok.blogspot.com/2018/04/rpp-atletik.html
Artikel Pembelajaran PJOK Terbaru Lainnya kesehatan,RPP Atletik
Hidup sehat, sehat, sakit, penyakit,cara mengatasi, obat, kegunaan obat
0 Response to "RPP Atletik"
Posting Komentar