Tentang : RPP Penjasorkes KD.1
Apa yang terjadi : RPP Penjasorkes KD.1
RPP Penjasorkes KD.1
Sepak Bola
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTs N Gombong
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VII / I
Materi pokok : Permainan Bola Besar ( Sepak Bola)
Alokasi Waktu : 2 x 3 x 40 menit (2 x pertemuan )
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
b. Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir.
c. Membiasakan berperilaku baik dalam berolahraga dan latihan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan kerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik .
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
2.8 Memiliki perilaku hidup sehat.
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *).
4.1 Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*).
Indikator
1.1.1 Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran.
1.1.2 Menunjukan sikap berusaha secara maksimal dalam melakukan pembelajaran dengan tetap meningkatkan kemampuan dan menampilkan sikap tawakal terahadap hsil akhir.
1.1.3 Menunjukan prilaku baik dengan melakukan gerakan sesuai fungsi tubuh (kodrat).
2.1.1 Saat bermain menunjukkan permainan tidak curang
2.2.1 Menggunakan peralatan sesuai dengan fungsinya
2.3.1 Tidak melakukan gerakan yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain
2.4.1 Dalam melakukan aktivitas fisik yang dilakukan secara berkelompok, beregu, dan berpasangan perlu memperhatikan kondisi teman, baik fisik atau psikis.
2.5.1 Saling membantu teman bila ada kesulitan dalam melakukan gerakan
2.6.1 Dalam melakukan permainan tidak menguasai bola sendiri dan selalu mengoper bola pada teman (berbagi)
2.7.1 Mengikuti peraturan, petunjuk atau arahan yang telah diberikan guru
2.8.1 Berperilaku hidup sehat
3.1.1 Menjelaskan cara menendang bola dengan berbagai macam bagian kaki dengan benar.
3.1.2 Menjelaskan cara menendang bola dengan berbagai macam bagian kaki dengan benar.
3.1.3 Menjelaskan cara menggiring (dribbling) bola dengan berbagai bagian kaki dengan benar.
3.1.4 Menjelaskan cara bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi menggunakan teknik menendang, mengontrol, dan menggiring dengan benar.
4.1.1 Mempraktikkan cara menendang bola dengan berbagai macam bagian kaki dengan koordinasi yang baik.
4.1.2 Mempraktikkan cara mengontrol bola dengan berbagai bagian macam bagian badan dengan koordinasi yang baik.
4.1.3 Mempraktikkan cara menggiring bola dengan berbagai bagian macam kaki dengan koordinasi yang baik.
4.1.4 Mempraktikkan permainan sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik menendang, mengontrol, dan menggiring dengan koordinasi yang baik.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini Peserta didik diharapkan memiliki kemampuan berikut
Ø Memahami cara menendang bola dengan berbagai macam bagian kaki dengan benar.
Ø Memahami cara mengontrol bola dengan berbagai macam bagian badan dengan benar.
Ø Memahami cara menggiring (dribbling) bola dengan berbagai bagian kaki dengan benar.
Ø Memahami cara bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi menggunakan teknik menendang, mengontrol, dan menggiring dengan benar.
Ø Melakukan teknik menendang bola dengan berbagai macam bagian kaki dengan koordinasi yang baik.
Ø Melakukan teknik mengontrol bola dengan berbagai bagian macam bagian badan dengan koordinasi yang baik.
Ø Melakukan teknik menggiring bola dengan berbagai bagian macam kaki dengan koordinasi yang baik.
Ø Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik menendang, mengontrol, dan menggiring dengan koordinasi yang baik.
Ø Menendang Bola
Ø Menghentikan Bola
Ø Menggiring Bola
Metode Pembelajaran
Ø Pendekatan scientific
Ø Pembelajaran Kooperatif
Ø Cakupan
Ø Demontrasi
Ø Bagian dan Keseluruhan
Ø Timbal Balik
Ø Periksa Sendiri
Ø Penugasan
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (Teknik Dasar Menendang dan Menghentikan Bola)
Kegiatan | Deskripsi |
Pendahuluan | · Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi · Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran · Pemanasan |
Mengamati | · Membaca informasi tentang gerak fundamental permainan sepak bola (menendang, menghentikan), dan · Mencari informasi tentang gerak fundamental permainan sepak Cakupan bola (menendang, menghentikan) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik, atau · Mengamati pertandingan sepak bola secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan sepak bola (menendang, menghentikan, dan menggiring) dan membuat catatan hasil pengamatan. |
Menanya | · Mempertanyakan tentang gerak fundamental sepak bola, misalnya : bagaimana jalannya bola jika menendang pada bagian bawah/dasar bola?”, bagaimana jalannya bola jika menendang pada titik tengah bola?, bagaimana jalannya bola jika menendang pada bagian atas bola?, berpakah kekuatan yang diberikan kepada bola untuk sampai pada titik sasaran yang akan di tuju?. · Mempertanyakan tentang manfaat permainan sepak bola terhadap kesehatan dan otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan sepak bola. |
Eksplorasi | · Menendang bola dengan berbagai bagian kaki secara individual, berpasangan atau berkelompok dalam posisi di tempat dan bergerak dengan memenunjukkan nilai disiplin, menghargai perbedaan, kerjasama · Menggiring bola menggunakan berbagai bagian kaki secara individual dengan menunjukkan nilai disiplin · Menghentikan bola menggunakan berbagai bagian kaki secara individual dengan menunjukkan nilai disiplin · Menendang dan meberhentikan bola menggunakan berbagai bagian kaki s secara berpasangan atau berkelompok · Mendiskusikan setiap gerak fundamental permainan sepak bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dengan benar dan membuat kesimpulannya. · Mendiskusikan kekuatan dan kelemahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak fundamental permainan sepak bola (menendang, menghentikan, dan menggiring) dengan benar dan membuat kesimpulannya. · Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak fundamental permainan sepak bola (menendang, menghentikan, dan menggiring) dengan benar dan membuat kesimpulannya. · Mendiskusikan dan membuat kesimpulan tentang keterampilan gerak permainan sepak bola secara sederhana berkelompok dengan menunjukkan kerjasama |
Mengasosiasi | · Menemukan gerak fundamental permainan sepak bola (menendang, menghentikan, dan menggiring) yang paling sesuai kebutuhan. · Mencari hubungan antara titik perkenaan bola dengan jalannya bola · Mencari hubungan antara jenis tendangan dengan sasaran yang hendak di capai · Mencari hubungan antara permainan sepak bola dengan kesehatan dan kebugaran tubuh |
Mengkomunikasikan | · Melakukan permainan sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan menerapkan gerak fundamental permainan sepak bola (menendang, menghentikan, dan menggiring) serta menunjukkan sportif, kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain. · Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan peramaian · Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih · Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan |
Penutup | · Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar |
Pertemuan 2 (Teknik Dasar Menggiring Bola)
Kegiatan | Deskripsi |
Pendahuluan | · Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi · Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran · Pemanasan |
Mengamati | · Membaca informasi tentang gerak fundamental permainan sepak bola (menendang, menghentikan dan menggiring), dan · Mencari informasi tentang gerak fundamental permainan sepak bola (menendang, menghentikan dan menggiring) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik, atau · Mengamati pertandingan sepak bola secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan sepak bola (menendang, menghentikan, dan menggiring) dan membuat catatan hasil pengamatan. |
Menanya | · Mempertanyakan tentang gerak fundamental sepak bola, misalnya : bagaimana jalannya bola jika menendang pada bagian bawah/dasar bola?”, bagaimana jalannya bola jika menendang pada titik tengah bola?, bagaimana jalannya bola jika menendang pada bagian atas bola?, berpakah kekuatan yang diberikan kepada bola untuk sampai pada titik sasaran yang akan di tuju?. · Mempertanyakan tentang manfaat permainan sepak bola terhadap kesehatan dan otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan sepak bola. |
Eksplorasi | · Menendang bola dengan berbagai bagian kaki secara individual, berpasangan atau berkelompok dalam posisi di tempat dan bergerak dengan memenunjukkan nilai disiplin, menghargai perbedaan, kerjasama · Menggiring bola menggunakan berbagai bagian kaki secara individual dengan menunjukkan nilai disiplin · Menghentikan bola menggunakan berbagai bagian kaki secara individual dengan menunjukkan nilai disiplin · Menendang dan meberhentikan bola menggunakan berbagai bagian kaki s secara berpasangan atau berkelompok · Mendiskusikan setiap gerak fundamental permainan sepak bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dengan benar dan membuat kesimpulannya. · Mendiskusikan kekuatan dan kelemahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak fundamental permainan sepak bola (menendang, menghentikan, dan menggiring) dengan benar dan membuat kesimpulannya. · Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak fundamental permainan sepak bola (menendang, menghentikan, dan menggiring) dengan benar dan membuat kesimpulannya. · Mendiskusikan dan membuat kesimpulan tentang keterampilan gerak permainan sepak bola secara sederhana berkelompok dengan menunjukkan kerjasama |
Mengasosiasi | · Menemukan gerak fundamental permainan sepak bola (menendang, menghentikan, dan menggiring) yang paling sesuai kebutuhan. · Mencari hubungan antara titik perkenaan bola dengan jalannya bola · Mencari hubungan antara jenis tendangan dengan sasaran yang hendak di capai · Mencari hubungan antara permainan sepak bola dengan kesehatan dan kebugaran tubuh |
Mengkomunikasikan | · Melakukan permainan sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan menerapkan gerak fundamental permainan sepak bola (menendang, menghentikan, dan menggiring) serta menunjukkan sportif, kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain. · Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan peramaian · Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih · Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan |
Penutup | · Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar |
Media, Alat dan Sumber Belajar
Ø Media
Gambar gerakan menendang,menahan dan mengoper bola dalam sepak bola
Video tekhnik dasar sepak bola
Model siswa dan atau guru memperagakan tekhnik dasar sepak bola
Ø Alat
Bola
Lapangan
Kun
Peluit
Gawang
Laptop
Ø Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs Kelas VII. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs Kelas VII. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Penilaian
Penilaian Pengetahuan
1) Petunjuk Penilaian
Setelah mempelajari materi permainan bola besar (sepakbola), tugaskan kepada
peserta didik untuk mengerjakan tugas kelompok di bawah ini dengan penuh rasa
tanggung jawab. Tugas kelompok ini dapat dikerjakan di rumah dan dikumpulkan
dalam bentuk portofolio!
2) Butir Soal Pengetahuan
No. | Butir Pertanyaan | Kriteria Penskoran | Nilai Akhir | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | Σ | |||
1. | |||||||
Jelaskan cara menendang bola permainan sepakbola! | |||||||
2. | Jelaskan cara mengontrol bola permainan sepakbola! | ||||||
3. | Jelaskan cara menggiring bola permainan sepakbola! |
No.Butir Pertanyaan
Nilai
Akhir
3) Kriteria Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
· Skor 4: jika peserta didik mampu menjelaskan tentang teknik dasar menendang,
mengontrol, dan menggiring bola permainan sepakbola.
· Skor 3: jika peserta didik mampu menjelaskan dua pertanyaan di atas.
· Skor 2: jika peserta didik mampu menjelaskan salah satu pertanyaan di atas.
· Skor 1: jika tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan.
Penilaian Keterampilan
1) Petunjuk Penilaian
Penilaian aspek keterampilan diberikan dalam dua bentuk, yaitu penilaian terhadap
kesempurnaan/keterampilan sikap/cara melakukan proses suatu gerakan (penilaian
proses) dan penilaian produk dari gerakan tersebut (diambil kecepatan waktu
melakukan gerakan).
2) Butir Soal Keterampilan (Unjuk Kerja)
· Lakukan teknik dasar menendang dan menahan bola permainan sepakbola!
Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan proses suatu gerakan
(penilaian proses) dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk).
Penilaian Keterampilan Gerak | Skor Akhir | Keterangan | |||
Penilaian Proses | Penilaian Produk (Tes passing dan stiopping) | ||||
Sikap kaki | |||||
Perkenaan kaki dengan bola (Skor 4) | Sikap akhir atau arah bola (Skor 3) | ||||
Skor
AkhirKeterangan
awalan
(Skor 3)
Penilaian Produk
(Tes passing dan
stiopping)Skor
AkhirKeterangan
· Lakukan teknik dasar menggiring bola permainan sepakbola! Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan suatu proses gerakan (penilaian proses) dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk).
3) Kriteria Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)
· Kriteria Penilaian Proses
Kriteria skor: Pelaksanaan menendang dan menahan bola (Proses)
Sikap awal
Skor 3 jika:
(1) sikap berdiri menghadap arah bola.
(2) letakkan kaki tumpu di samping bola dengan sikap lutut agak
tertekuk.
(3) sikap kedua lengan di samping badan agak terentang.
Skor 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0: jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
· Pelaksanaan gerak
Skor 4 jika:
(1) badan menghadap ke arah sasaran. Kemudian jemputlah bola yang
meluncur agar mudah mengontrolnya.
(2) putarlah tungkai yang akan digunakan untuk menerima bola yang
datang. Dengan sedikit mengangkat kaki, kaki bagian dalam mengenai
bola hingga gerakan terhenti.
(3) badan agak membungkuk, lengan mengimbangi badan.
(4) pandangan mengarah ke bola.
Skor 3: jika tiga kriteria dilakukan secara benar
Skor 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0: jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
Pelaksanaan akhir (kembali ke sikap semula)
Skor 3 jika:
(1) pandangan mata ke arah lepasnya/dorongan bola.
(2) badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara
kedua kaki
(3) kaki yang menyepak bola berada di depan menghadap ke bawah
dengan posisi badan rileks.
Skor 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0: jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
4) Kriteria Penilaian Produk
Contoh penilaian produk gerak dasar (menendang dan menahan bola ke sasaran tembok) selama 30 detik.
Perolehan Nilai | Kriteria Penskoran | Klasifikasi Nilai | |
Putera | Puteri | ||
…… > 15 kali | |||
…… > 12 kali | 100 | Sangat Baik | |
12 – 14 kali | 9 – 11 kali | 90 | Baik |
9 – 11 kali | 6 – 8 kali | 80 | Cukup |
6 – 8 kali | 3 – 5 kali | 70 | Kurang |
........ < 6 kali | ........ < 3 kali | 60 | Kurang Sekali |
Kriteria PenskoranKlasifikasi Nilai
Penilaian Perilaku
1) Petunjuk Penilaian
Penilaian aspek perilaku (sikap) dilakukan dengan pengamatan selama mengikuti kegiatan belajar mengajar. Pengamatan dalam proses penilaian dilakukan saat peserta didik melakukan permainan sepakbola. Aspek-aspek yang dinilai meliputi: kerjasama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi.
Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang dicek (√) dengan rentang skor antara 1 sampai dengan 3. (Baik=3, Sedang =2, dan Kurang = 1).
2) Rubrik Penilaian Perilaku
Prilaku yang Dinilai | Cek (√ ) | |||||||
Baik | Sedang | Kurang | ||||||
1 | Sportif | |||||||
2 | Toleransi | |||||||
Jumlah Skor Maksimal = 6 | ||||||||
Mengetahui, Kepala MTs N Gombong Drs. H. Sugeng Purwanto, M.Pd NIP. 19631114 199003 1 002 | Kebumen, Juli 2017 Guru Mapel PJOK. Tri Palupi, S.Pd NIP. 19800308 200501 2 003 | |||||||
Catatan Kepala Madrasah
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTs N Gombong
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VII / I
Materi pokok : Permainan Bola Besar ( Bola Voli)
Alokasi Waktu : 2 x 3 x 40 menit (2 x pertemuan )
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
b. Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir.
c. Membiasakan berperilaku baik dalam berolahraga dan latihan.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan kerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik .
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
2.8 Memiliki perilaku hidup sehat.
3.2 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *).
4.1 Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)
Indikator
1.1.1 Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran.
1.1.2 Menunjukan sikap berusaha secara maksimal dalam melakukan pembelajaran dengan tetap meningkatkan kemampuan dan menampilkan sikap tawakal terahadap hsil akhir.
1.1.3 Menunjukan prilaku baik dengan melakukan gerakan sesuai fungsi tubuh (kodrat).
2.1.1 Saat bermain menunjukkan permainan tidak curang
2.2.1 Menggunakan peralatan sesuai dengan fungsinya
2.3.1 Tidak melakukan gerakan yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain
2.4.1 Dalam melakukan aktivitas fisik yang dilakukan secara berkelompok, beregu, dan berpasangan perlu memperhatikan kondisi teman, baik fisik atau psikis.
2.5.1 Saling membantu teman bila ada kesulitan dalam melakukan gerakan
2.6.1 Dalam melakukan permainan tidak menguasai bola sendiri dan selalu mengoper bola pada teman (berbagi)
2.7.1 Mengikuti peraturan, petunjuk atau arahan yang telah diberikan guru
2.8.1 Berperilaku hidup sehat
3.1.1 Menjelaskan cara melakukan teknik dasar passing bawah permainan bolavoli dengan benar.
3.1.2 Menjelaskan cara melakukan teknik dasar passing atas permainan bolavoli dengan benar.
3.1.3 Menjelaskan cara melakukan teknik dasar servis bawah permainan bolavoli dengan benar.
3.1.4 Menjelaskan cara bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi menggunakan teknik passing bawah dan servis bawah dengan benar.
4.1.1 Mempraktikkan teknik dasar passing bawah permainan bolavoli dengan koordinasi yang baik.
4.1.2 Mempraktikkan teknik dasar servis bawah permainan bolavoli dengan koordinasi yang baik.
4.1.3 Mempraktikan dasar servis bawah permainan bolavoli dengan benar.
4.1.4 Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi menggunakan teknik
passingbawah dan servis bawah dengan koordinasi yang baik.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini Peserta didik diharapkan memiliki kemampuan berikut
Ø Memahami cara melakukan teknik dasar passing bawah permainan bolavoli dengan benar.
Ø Memahami cara melakukan teknik dasar passing atas permainan bolavoli dengan benar.
Ø Memahami cara melakukan teknik dasar servis bawah permainan bolavoli dengan benar.
Ø Memahami cara bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi menggunakan teknik passing bawah dan servis bawah dengan benar.
Ø Melakukan teknik dasar passing bawah permainan bolavoli dengan koordinasi yang baik.
Ø Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi menggunakan teknik passing bawah dan servis bawah dengan koordinasi yang baik.
Materi Pembelajaran
Bola Voli
Ø Passing Bawah
Ø Passing Atas
Ø Servis
Metode Pembelajaran
Ø Pendekatan scientific
Ø Pembelajaran Kooperatif
Ø Cakupan
Ø Demontrasi
Ø Bagian dan Keseluruhan
Ø Timbal Balik
Ø Periksa Sendiri
Ø Penugasan
Ø Projec based learning
Ø Problem Based Learning
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (Teknik Dasar Passing)
Kegiatan | Deskripsi |
Pendahuluan | · Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi · Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran · Pemanasan |
Mengamati | · Membaca informasi tentang gerak fundamental permainan bola voli (servis, passing, smesh, dan membendung), dan · Mencari informasi tentang gerak fundamental permainan bola voli (servis, passing, smesh, dan membendung) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik, atau · Mengamati pertandingan bolavoli secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan bolavoli (passing bawah, passing atas, dan service) dan membuat catatan hasil pengamatan. |
Menanya | · Mempertanyakan tentang gerak fundamental bola voli, misalnya : bagaimana jalannya bola jika titik perkenaan bola dengan tangan dirobah saat melakukan passing? Apakah posisi togok mempengaruhi peregerakan bola saat melakukan passing atau servis? · Mempertanyakan tentang manfaat permainan bolavoli terhadap kesehatan dan otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan bolavoli. |
Eksplorasi | · Melakukan servis dengan berbagai cara dengan menunjukkan nilai disiplin · Melakukan passing dengan berbagai cara secara individu, berpasangan , atau berkelompok dengan menunjukkan nilai disiplin, tolerensi dan kerjasama · Melakukan smesh dengan berbagai cara secara individual dan berpasangan dengan menunjukkan nilai disiplin dan kerjasama · Membendung bola yang dilbungkan oleh teman dengan menunjukkan nilai kerjasama · Mendiskusikan setiap gerak fundamental permainan bola voli (servis, passing, smesh, dan membendung) dengan benar dan membuat kesimpulannya. · Mendiskusikan kekuatan dan kelemahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak fundamental permainan bole voli (servis, passing, smesh, dan membendung) dengan benar dan membuat kesimpulannya. · Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak fundamental permainan bola voli (servis, passing, smesh, dan membendung) dengan benar dan membuat kesimpulannya. |
Mengasosiasi | · Menemukan gerak fundamental permainan bola voli (servis, passing, smesh, dan membendung) yang paling sesuai untuk kebutuhan sendiri · Mencari hubungan antara titik perkenaan bola dengan tangan dan jalannya bola · Mencari hubungan antara jenis passing dengan sasaran yang hendak di capai · Mencari hubungan antara permainan sepak bola dengan kesehatan dan kebugaran tubuh |
Mengkomunikasikan | · Melakukan permainan bola voli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan menerapkan gerak fundamental permainan bola voli (servis, passing, smesh, dan membendung) serta menunjukkan sportif, kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain. · Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan peramaian · Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih · Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan · Mendiskusikan dan membuat kesimpulan tentang keterampilan gerak permainan sepak bola secara sederhana berkelompok dengan menunjukkan kerjasama |
Penutup | · Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar |
Pertemuan 2 (Teknik Dasar Servis)
Kegiatan | Deskripsi |
Pendahuluan | · Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi · Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran · Pemanasan |
Mengamati | · Membaca informasi tentang gerak fundamental permainan bola voli (servis, passing, smesh, dan membendung), dan · Mencari informasi tentang gerak fundamental permainan bola voli (servis, passing, smesh, dan membendung) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik, atau · Mengamati pertandingan bolavoli secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan bolavoli (passing bawah, passing atas, dan service) dan membuat catatan hasil pengamatan. |
Menanya | · Mempertanyakan tentang gerak fundamental bola voli, misalnya : bagaimana jalannya bola jika titik perkenaan bola dengan tangan dirobah saat melakukan passing? Apakah posisi togok mempengaruhi peregerakan bola saat melakukan passing atau servis? · Mempertanyakan tentang manfaat permainan bolavoli terhadap kesehatan dan otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan bolavoli. |
Eksplorasi | · Melakukan servis dengan berbagai cara dengan menunjukkan nilai disiplin · Melakukan passing dengan berbagai cara secara individu, berpasangan , atau berkelompok dengan menunjukkan nilai disiplin, tolerensi dan kerjasama · Melakukan smesh dengan berbagai cara secara individual dan berpasangan dengan menunjukkan nilai disiplin dan kerjasama · Membendung bola yang dilbungkan oleh teman dengan menunjukkan nilai kerjasama · Mendiskusikan setiap gerak fundamental permainan bola voli (servis, passing, smesh, dan membendung) dengan benar dan membuat kesimpulannya. · Mendiskusikan kekuatan dan kelemahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak fundamental permainan bole voli (servis, passing, smesh, dan membendung) dengan benar dan membuat kesimpulannya. · Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerak fundamental permainan bola voli (servis, passing, smesh, dan membendung) dengan benar dan membuat kesimpulannya. |
Mengasosiasi | · Menemukan gerak fundamental permainan bola voli (servis, passing, smesh, dan membendung) yang paling sesuai untuk kebutuhan sendiri · Mencari hubungan antara titik perkenaan bola dengan tangan dan jalannya bola · Mencari hubungan antara jenis passing dengan sasaran yang hendak di capai · Mencari hubungan antara permainan sepak bola dengan kesehatan dan kebugaran tubuh |
Mengkomunikasikan | · Melakukan permainan bola voli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan menerapkan gerak fundamental permainan bola voli (servis, passing, smesh, dan membendung) serta menunjukkan sportif, kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain. · Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan peramaian · Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih · Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan · Mendiskusikan dan membuat kesimpulan tentang keterampilan gerak permainan sepak bola secara sederhana berkelompok dengan menunjukkan kerjasama |
Penutup | · Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar |
Media, Alat dan Sumber Belajar
Ø Media
Gambar gerakan menendang,menahan dan mengoper bola dalam sepak bola
Video tekhnik dasar sepak bola
Model siswa dan atau guru memperagakan tekhnik dasar sepak bola
Ø Alat
Bola
Lapangan
Kun
Peluit
Net
Laptop
Ø Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs Kelas VII. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs Kelas VII. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Penilaian
Penilaian Pengetahuan
1) Petunjuk Penilaian
Setelah mempelajari materi permainan bola besar (bolavoli), tugaskan kepada peserta
didik untuk mengerjakan tugas kelompok di bawah ini dengan penuh rasa tanggung
jawab. Tugas kelompok ini dapat dikerjakan di rumah dan dikumpulkan dalam
bentuk portofolio!
2) Butir Soal Pengetahuan
|
3) Kriteria Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
· Skor 4 : jika peserta didik mampu menjelaskan tentang teknik dasar passing
bawah, passing atas, dan servis bawah bola permainan bolavoli.
· Skor 3 : jika peserta didik mampu menjelaskan dua pertanyaan di atas.
· Skor 2 : jika peserta didik mampu menjelaskan salah satu pertanyaan di atas.
· Skor 1 : jika tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan.
Penilaian Keterampilan
1) Petunjuk Penilaian
Penilaian aspek keterampilan diberikan dalam dua bentuk, yaitu penilaian terhadap kesempurnaan/keterampilan sikap/cara melakukan suatu proses gerakan (penilaian
proses) dan penilaian produk dari gerakan tersebut (diambil kecepatan waktu
melakukan gerakan)
2) Butir Soal Keterampilan (Unjuk Kerja)
· Lakukan teknik dasar passing bawah permainan bolavoli! Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan suatu proses gerakan (penilaian proses) dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk).
|
· Lakukan teknik dasar servis permainan bolavoli! Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan suatu proses gerakan (penilaian proses) dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk).
3) Kriteria Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)
· Kriteria Penilaian Proses
Kriteria skor : Pelaksanaan memvoli bola dengan dua tangan (Proses)
Sikap awal
Skor 3 jika :
(1) ambil posisi sikap siap normal.
(2) pada saat tangan akan dikenakan pada bola, segera tangan dan juga
lengan diturunkan.
(3) tangan dan lengan dalam keadaan terjulur ke bawah depan dan lurus.
Skor 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0: jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
Pelaksanaan gerak
Skor 4 jika:
(1) berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut
direndahkan
(2) rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan
(3) dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola
(4) perkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan
Skor 3: jika tiga kriteria dilakukan secara benar
Skor 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0: jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
Pelaksanaan akhir (Kembali ke sikap semula)
Skor 3 jika:
(1) pandangan mata ke arah lepasnya/dorongan bola.
(2) badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara
kedua kaki
(3) lengan yang mempassing bola berada di depan dengan posisi badan
rileks.
Skor 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 0: jika tidak satupun kriteria dilakukan secara benar
· Kriteria Penilaian Produk
Contoh penilaian produk teknik dasar (passing bawah) bola dilambungkan sendiri oleh tester/peserta did
Demikianlah Artikel RPP Penjasorkes KD.1
Sekian dari kami, mudah mudahan artikel RPP Penjasorkes KD.1, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan dari kami . salam Ayo Hidup Sehat !! .
Anda sedang membaca artikel RPP Penjasorkes KD.1 dan artikel ini url permalinknya adalah https://pembelajaran-pjok.blogspot.com/2017/11/rpp-penjasorkes-kd1.html
Artikel Pembelajaran PJOK Terbaru Lainnya kesehatan,RPP Penjasorkes KD.1
Hidup sehat, sehat, sakit, penyakit,cara mengatasi, obat, kegunaan obat
0 Response to "RPP Penjasorkes KD.1"
Posting Komentar